MANDIRI MOTOR, Gegunung

HARTANTO 07 Oktober 2018 13:03:56 WIB

Pekerjaan tidak dinilai dari jenisnya melainkan  dilihat dari integritas, tanggungjawab dan istiqomah dari si empunya pekerjaan.

Salah satu jenis usaha yang kami suguhkan hari ini dalam rubrik profil usaha  adalah bengkel motor Mandiri, yang beralamat di dusun Gegunung Tirtohargo Kretek.

Adalah Ibnu Martanto, pemilik sekaligus pengelola dan mekanik dari bengkel ini. Usaha ini mulai digeluti pada tahun 2010 silam. Setelah sekitar  6 tahun bertempat di Gegunung RT 06, di rumah mertua indah, kemudian berpindah di RT 02 masih di dusun Gegunung. Kenapa sampai bisa mendirikan bengkel ini? Pertanyaan itu kami ajukan kepada sang pekilik bengkel. Ceritanya panjang, kata Mas Ibnu yang akrab dipanggil JO (je- o). Awalnya saya bekerja di Harpindo Jaya sebuah bengkel dan showroom sepeda motor Yamaha di Yogyakarta. Kantornya ada di seputaran Malioboro. Setelah hampir 5 tahun bekerja, ada beberapa hal yang menyebabkan ketidaknyamanan yang dialami. Disamping capek karena nglaju dengan jarak hampir 40 km, juga kurang bisa momong anak dan sering bekerja di hari minggu ketika ada kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh kantor.

Maka dengan niatan untuk membuka bengkel sendiri, mulailah mas Ibnu melakukan persiapan yaitu dengan "klumpuk-klumpuk" peralatan bengkel. Pembelian peralatan dimulai satu per satu dan dilakukan terus menerus. Hingga akhirnya setelah dirasa cukup  maka dibukalah bengkel sepeda motor di rumah mertua indah. Bengkel dibuka pada saat pulang kerja dari Yogyakarta, dan pada hari libur kantor. Proses transisi ini dilakukan selama hampir 4 tahun.

Pelanggan yang datang pada awalnya dari tetangga dan kenalan dekat. Kemudian melebar dari dusun tetangga.

Setelah dirasa cukup, baik itu peralatan juga pelanggan yang sudah cukup ramai, maka akhirnya mas Ibnu resign dari Harpindo dan mulai menggeluti bengkel motor secara mandiri. Itulah kenapa nama bengkelnya juga dinamakan MANDIRI.

Ketika saya tanyakan tentang permodalan, mas Ibnu yang sudah memiliki 1 istri dan dua orang putera ini mengatakan bahwa disamping modal pribadi juga melakukan pinjaman pada lembaga keuangan. "Alat yang besar harganya mahal mas". Butuh dana yang lumayan untuk membelinya.

Mengenai omzet, pria muda ini mengatakan kadang- kadang banyak, tapi juga kadang sedikit. Yang penting saya memberikan servis terbaik kepada pelanggan, perkara hasil saya pasrahkan pada yang kuasa. "Kita ini hanya nyadhong rezeki, yang penting usaha dan tekun mas, perkara mau diparingi berapa itu urusan gusti Alloh".

Usaha bengkel ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 17 sore. Kadang ada juga yang minta pelayanan khusus, misalnya pagi2 sekali atau malam hari. Selain itu juga melayani antar jemput motor, yaitu pelanggan bisa minta mas Ibnu untuk mengambil motor yang akan diperbaiki dan mengantarkan kembali bila sudah jadi. Pelanggan tinggal kontak ke jomor telfon ini. 08561489055.

Komentar atas MANDIRI MOTOR, Gegunung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Mbangun Desa

Video

Kantor Desa Tirtohargo

Instrumen

Lokasi Tirtohargo

tampilkan dalam peta lebih besar