PSN Kalangan

JUNI YANTO HANDOKO 11 Oktober 2019 09:30:02 WIB

Hari Jumat adalah hari untuk kebersihan. Di desa Tirtohargo juga tidak ketinggalan ikut serta mewujudkan kebersihan. Kegiatan yang dilakukan adalah PSN. Ini adalah sebuah gerakan yang rutin dilaksanakan di desa Tirtohargo khususnya, dan di seluruh wilayah Kecamatan Kretek pada umumnya. 

Gerakan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan, utamanya kebersihan jamban dari setiap rumah tangga yang ada di seluruh desa. Dengan egerakan ini diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk secara mandiri membersihkan jambannya masing-masing.

Untuk PSN hari ini, Jum'at 11 Oktober 2019 dilaksanakan di dusun Kalangan utamanya RT 02 dan RT 04. Acara ini melibatkan seluruh unsur di kecamatan serta kader dari Desa Tirtohargo, terutama dari dusun kalangan.

Ada Babhinsa, Babhinkamtibmas, Puskesmas dan semua pemangku kepentingan tingkat kecamatan. Pemeriksaan jamban dilakukan oleh seluruh yang hadir untuk melihat kondisi jamban di semua rumah tangga, untuk kemudian dicatat dan mendapatkan evaluasi.

Menurut Kasi Pelayanan desa Tirtohargo, Drs. Sudaryanto, gerakan ini cukup efektif menekan pertumbuhan nyamuk penyebab DB. Meskipun demikian, perlu gerakan yang lebih massiv dan berbasis kesadaran masyarakat agar gerakan ini bisa lebih efektif. Untuk tahun ini, Desa Tirtohargo hanya mendapatkan satu suspect penderita DB. "Masih diperiksa apakah positif atau negatif" imbuhnya.

Mudah-mudahan dengan gerakan ini bisa berefek positif bagi kesehatan dan terutama kesadaran masyarakat.

Komentar atas PSN Kalangan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Mbangun Desa

Video

Kantor Desa Tirtohargo

Instrumen

Lokasi Tirtohargo

tampilkan dalam peta lebih besar