PROYEK P2MD SEGERA DIGULIRKAN

HARTANTO 15 Oktober 2019 13:12:55 WIB

Pembangunan Partisipatif Masyarakat Desa yang selanjutnya disebut P2MD adalah suatu sistem pengelolaan pembangunan di desa bersamasama secara musyawarah, mufakat, dan gotong royong yang merupakan cara hidup masyarakat yang telah lama berakar budaya di wilayah Indonesia. Bantuan Keuangan P2MD adalah Bantuan Keuangan dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Desa yang diberikan melalui APBD ke dalam APBDesa untuk membiayai pelaksanaan Pembangunan Partisipatif Masyarakat Desa yang mencakup aspek kegiatan pembangunan desa dan/atau pemberdayaan masyarakat desa.

Tirtohargo mendapatkan bantuan proyek P2MD tahun 2019 ini sebesar Rp. 600.000.000,- Adapun sebaran kegiatannya meliputi :

  1. Corblok dusun Karang senilai 100.000.000 rupiah
  2. Corblok dusun Gegunung senilai 100.000.000 rupiah
  3. Drainase Baros senilai 100.000.000 rupiah
  4. Drainase Muneng senilai 100.000.000 rupiah
  5. Jembatan Gunung Kunci senilai 100.000.000 rupiah
  6. Jembatan Kalangan senilai 100.000.000 rupiah

Menurut Yunardiyono, Kasi Kesejahteraan Desa Tirtohargo, berdasarkan pedoman pelaksanaan program P2MD ini, maka bagi desa yang mendapatkan dana harus melaksanakan kegiatan di tahun ini juga. Kalau tidak dilaksanakan di tahun ini maka akan dikembalikan ke rekening daerah. Selain itu, kegiatan harus dilaksanakan sesuai dengan keputusan dari pemerintah Kabupaten tentang lokasi dan pagu anggaran. Artinya desa tidak boleh mengalihkan lokasi kegiatan.

Untuk itulah maka akan diagendakan pertemuan untuk membahas rencana tindak lanjut dari program ini. Pertemuan akan dilaksanakan pada hari Rabu besok, bertempat di rumah Bpk Dukuh Kalangan pada jam 19.30 WIB. "Pertemuan ini sangat penting untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang kegiatan ini" kata Pak Yunar. Pelaksanaan kegiatan ini juga sangat sempit waktunya, sehingga perlu kerja keras dan kerja cerdas. Apalagi sebentar lagi akan datang musim tanam padi. Pasti akan sangat sulit mencari tenaga kerja.

Harapan kami dengan pertemuan ini, nantinya proyek P2MD ini bisa terlaksana dengan baik dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Mbangun Desa

Video

Kantor Desa Tirtohargo

Instrumen

Lokasi Tirtohargo

tampilkan dalam peta lebih besar