PEMBINAAN KARANG TARUNA GENERASI REMAJA

Dian Kintarti 13 Desember 2019 23:12:23 WIB

Pemerintah Desa Tirtohargo melihat berbagai permasalahan yang sering dialami oleh anak remaja, khususnya mengenai kenakalan remaja. Maka Pemerintah Desa mengadakan acara tentang Pembinaan Karang Taruna Remaja. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Desember 2019 pukul 20.00 wib. Dihadiri sekitar 90 anak remaja se-Desa Tirtohargo, dari rentan usia 15 tahun sampai 22 tahun.

Acara dibuka oleh Bapak Drs. H Sudaryanto, Beliau memberi kata mutiara yang berarti sangat dalam yaitu "Gunakanlah Masa Mudamu Sebelum Sampai Pada Masa Tuamu" dan "jangan sampai menyesal dikemudian hari, maka persiapkan diri mulai dari hari ini"

Yang kedua materi tentang Psikologi Remaja oleh Ibu Irma Erviana, S.PSi., M.PSi., Psikolog. 
Beliau menyampaikan bahwa sekarang ini sudah ada pada Generasi Alfa, bukan lagi Generasi Milenial apa lagi Generasi Tradisional. Membaca dan mencari Informasi sudah menggunakan handphone, laptop dsb dan terpacu pada Internet sehingga buku sudah tidak lagi digunakan untuk mencari Informasi. Mereka menganggap membaca buku terlalu lama mendapatkan jawaban, jadi lebih instan mendapat informasi lewat Internet. Kemudahan dengan adanya Internet diharapkan masyarakat bisa lebih maju lagi dalam berfikir, nyatanya malah banyak yang menyalah gunakannya. Banyak percontohan dan informasi negatif yang didapatkan, menjadikan anak-anak terjerumus disini. Diharapkan orangtua bisa berperan aktif dalam mendampingi anak di jaman seperti ini.

Pengaruh dari teman sebaya juga sangat besar, khususnya untuk anak laki-laki banyak yang merokok, berkelahi untuk membuktikan kejantanannya. Banyak juga masalah tentang kekerasan seksual, yang seharusnya dari usia dini anak sudah diajarkan tentang pendidikan seks. Bukan mengajari seks dini melainkan pelajaran salah satunya tentang apa yang boleh dilihat orang dan apa yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Setidaknya dengan adanya pendidikan seks akan mengurangi adanya pernikahan dini, dan hamil diluar nikah. 

Dari semua contoh permasalahan yang ada diatas efeknya akan sangat besar dan bisa merugikan dikemudian hari. Karna mereka akan menjadi orang dewasa yang tidak bisa berfikir rasional, akhirnya mereka akan melahirkan generasi-generasi sampah. "semua itu pilihan, masa depan kalian adalah pilihan kalian"

Pada pertemuan malam ini diharapkan anak muda khususnya remaja Desa Tirtohargo bisa lebih berfikir rasional, bisa lebih berfikir untuk masa depan bukan hanya melakukan sesuatu yang tidak penting yang bisa merusak masa depan. Sehingga dapat meraih masa depan yang lebih baik contohnya mendapatkan pekerjaan yang layak, mempunyai keluarga di umur yang sudah pas (dari segi usia, fikiran, dan pekerjaan).

Komentar atas PEMBINAAN KARANG TARUNA GENERASI REMAJA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Mbangun Desa

Video

Kantor Desa Tirtohargo

Instrumen

Lokasi Tirtohargo

tampilkan dalam peta lebih besar