Pembangunan Infrastruktur Desa Tirtohargo

Hartanto 12 September 2017 13:48:15 WIB

Memasuki bulan September 2017 proses pembangunan fisik telah mulai dan akan segera diselesaikan. Pembangunan yang berupa pemeliharaan jalan telah mencapai hampir 50%. Sementara itu pembangunan bangket telah dimulai pengerjaannya di sebagian wilayah Tirtohargo.

Dari 6 pedukuhan yang ada di Desa Tirtohargo, 4 pedukuhan telah menyelesaikan pembangunan jalan yaitu Baros, Muneng, Gegunung dan Kalangan. Sementara untuk pembangunan talud pedukuhan Baros dan Muneng telah selesai. Pedukuhan Gegunung baru menyelesaikan separuh dari jatah proyeknya.

Proses pembangunan yang sebagian besar anggarannya bersumber dari Dana Desa ini memang terkendala pada dua hal :

1. Penyediaan material yang agak terkendala, baik itu batu pasang, pasir dan split.

2. Tenaga yang melaksanakan pembangunan baik itu tukang maupun pekerja. Hal ini disebabkan karena aktivitas masyarakat yang sebagian besar adalah petani. Pada bulan Juli-Agustus bahkan sampai September para petani disibukkan oleh kegiatan pemeliharaan bawang merah yang sangat menyita waktu dan tenaga.

Kasi Kesejahteraan Desa Tirtohargo, Yunardiyono, sebagai "leading sector" bidang pembangunan ini mengatakan bahwa TPK tidak bisa memaksakan pelaksanaan pembangunan ini sesuai dengan jadwal yang direncanakan, mengingat kesibukan warga masyarakat yang baru "fokus" pada pertanian bawang merah. Senada dengan itu, ketua TPK Desa Tirtohargo, Sudaryana, juga mengamini apa yang disampaikan Bapak Kasi Kesejahteraan. Menurutnya, kompromi dan komunikasi merupakan jalan terbaik yang harus dilakukan agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. 

Meskipun pelaksanaannya agak sedikit mundur, namun dengan kerjasama yang baik dari masyarakat ternyata kegiatan ini bisa dilakukan percepatan. Ini dibuktikan dengan terserapnya Dana Desa tahap I yang sebesar 550.220.000, sampai Agustus telah terserap sebesar 82%. 

 

Komentar atas Pembangunan Infrastruktur Desa Tirtohargo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License