Visi Misi

Hartanto 01 April 2013 14:14:06 WIB

 

Visi

Visi lurah desa Tirtohargo untuk lima tahun mendatang (2017-2022) adalah Terciptanya Warga Desa Tirtohargo yang Beriman Menuju Desa Sejahtera.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa pemerintah desa Tirtohargo berkeinginan mewujudkan kehidupan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, dapat dipercaya dan berkesejahteraan

Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikut

Beriman   mengandung  tiga pengertian :

  1. Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Percaya Diri
  3. Dapat Dipercaya

Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam arti setiap warga desa Tirtohargo senantiasa sebagai abdi Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagai wakil Allah di bumi untuk mensejahterakan umat manusia dan selalu bergantung kepada kepada Allah.

Percaya pada Diri Sendiridalam arti warga desa Tirtohargo yakin pada dirinya mempunyai kemampuan  untuk hidup sejahtera dengan meningkatkan kapasitas diri (cerdas, terampil, mandiri) untuk mengelola sumberdaya yang ada.

Dapat Dipercaya  dalam arti bahwa untuk mencapai kesejahteraan warga desa Tirtohargo harus memiliki sikap dan perilaku hidup yang bertanggung jawab dan dapat mengemban amanat yang diberikan.

 

Sejahtera dalam arti bahwa   masyarakat Desa Tirtohargo mampu mencapai kehidupan yang diidamkan:

  1. Makmur yaitu  kecukupan (mutu) pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnnya seperti lingkungan yang bersih. a
  2. Aman yaitu kondisi masyarakat yang tertib, aman dan nyaman
  3. Selamat yaitu terwujudnya kebahagiaan (ketentraman) hidup di dunia dan kebahagiaan di kampung akherat.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya. Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional pemerintah desa yang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Pernyataan misi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan.

Misi Desa Tirtohargo dalam RPJMDes Tahun 2017-2022 adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan desa yang responsif, akuntabel dan transparan.
  2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang beriman, sehat, cerdas, terampil dan berkepribadian luhur
  3. Mengembangkan Perekonomian Rakyat
  4. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana dan prasarana umum, pemanfaatan SDA dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan resiko bencana.
  5. Meningkatkan tata  kehidupan masyarakat Tirtohargo yang agamis, progresif, aman dan harmonis, bersatu dan berbudaya istimewa.
  6. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama Pemerintah dan Non Pemerintah.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License