Layanan E- Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Tirtohargo

Hartanto 30 Januari 2018 10:42:35 WIB

Kementrian Sosial meluncurkan layanan E- Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program layanan E- Warung Kemensos ini merupakan layanan jual beli sembako, yang pembeliannya tidak menggunakan uang tunai. E- Warung berbasis kartu hampir sama penggunaannya dengan ATM.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menyataan, melaui layanan ini, tak ada potongan, maupun kualitas produk barang dengan kualitas yang lebih rendah.

“Penerimaannya dalam bentuk e-payment,  sejumlah nilai yang dikonversikan dalam e-warung. Harapannya tepat sasaran, tepat waktu dan jumlah serta terjangkau,” paparnya.

Melalui layanan ini, ada 4 item bantuan sosial yang bisa disinergikan, seperti pupuk, elpiji, beras (Raskin dan Rastra) dan Program Keluarga Harapan. Untuk itu di dalam e-voucver nantinya terbagi menjadi beberapa rekening, yaitu rekening raskin, rekening PKH yang mendapat bantuan 3 bulan sekali sekitar Rp300 ribuan. E-Voucher raskin hanya dapat ditukarkan seperti sembako dan tidak dapat di uangkan, namun untuk PKH bisa diuangkan.

Dengan mengintegrasikan bantuan sosial melalaui E-Warung, memudahkan bagi masyarakat miskin yang mempunyai warung elektronik, karena Market Cap, atau Kapitalisasi pasarnya teresgritasi.  E- Warung mempunyai yang didirikan Kemensos mempunyai badan hukum, yang namanya koperasi Nasyarajat Indonesia Sejahtera. Dengan adanya badan hukum, dijamin tak akan kolaps, karena ada bimbingan teknis dari Bank Pemerintah terkait

Besaran bantuan sosial yang terkonvensi pada program E- Warung per kepala keluarga tergantung pada kondisi masing-masing. Jika penerimanya PKH, besarnya bantuan mencapai Rp 1,2 Juta jika mempunyai balita, atau Rp 1 juta apabila memiliki anak usia SD- SMA untuk raskin atau rastra Rp. 110 ribu.

Kemensos menargetkan tahun ini berdiri 300 E- Warung. Apabila setiap PKH bisa mengkover 1.000 penerima PKH, maka tahun ini ada 300 ribu penerima PKH yang terkonversi dalam program ini.

Komentar atas Layanan E- Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Tirtohargo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License