Studi Banding Pemuda Baros di Posong

Hartanto 27 Februari 2018 22:17:03 WIB

Tirtanew.com pekan lalu Pemuda-pemudi Dusun Baros melakukan studi banding di Obyek Wisata Alam Posong yang merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Temanggung, yang terletak di kaki Gunung Sindoro pada ketinggian 1700 mdpl dan merupakan wilayah administratif Desa Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung dan berada pada, dengan luas area ± 63 Ha terdiri dari lahan pertanian, hutan lindung dan perkebunan kopi. Daya tarik khusus dari Obyek Wisata Alam Posong adalah panorama matahari terbit dan terlihatnya tujuh puncak gunung yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan Gunung Muria. Hamparan lahan pertanian juga menjadi daya tarik Obyek Wisata Alam Posong. Obyek Wisata Alam Posong awalnya merupakan lahan pertanian dan hanya dikunjungi oleh beberapa pengunjung sekitar Obyek namun setelah adanya pengembangan Obyek yang diantaranya adalah pembangunan fasilitas pendukung berupa gazebo, mushola, toilet, lahan parkir dan camping ground jumlah pengunjung semakin meningkat. Sumber dana untuk pengembangan Obyek ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Kabupaten Temanggung tahun 2011 dan tahun 2013.

Pemuda-pemudi Baros belajar tentang Pengelolaan Obyek Wisata Alam Posong yang dilakukan oleh BumDesa Cita Citra Wisata yang terdiri dari masyarakat setempat. Obyek Wisata Alam Posong dikelola dengan tujuan agar memberikan manfaat sebagai tempat berwisata menikmati keindahan alam dan ekosistemnya tanpa merusak kelestarian alamnya serta memberikan manfaat ekonomi bagi penduduk setempat. Namun bila jumlah wisatawan terlalu padat, maka kesan berwisata alam di kaki Gunung Sindoro ini akan memudar, sehingga wisatawan menjadi tidak nyaman untuk berkunjung lagi, aktivitas perekonomian lokal akan berkurang, dan kesetimbangan ekosistem pun akan terganggu akibat mendapat tekanan berlebih. Dengan demikian, dalam jangka panjang tujuan pengelolaan Obyek Wisata Alam Posong sebagai tempat berwisata alam akan menjadi tidak berkelanjutan.

Komentar atas Studi Banding Pemuda Baros di Posong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License