Pemuda Baros Kenalkan Pertanian Sejak Dini

Hartanto 27 Februari 2018 23:53:01 WIB

tirtanews.com, Mengenal dunia pertanian memang sebaiknya dari usia dini. Salah satunya mengajarkan anak-anak sekolah dasar cinta pertanian dalam bentuk Kegiatan Eduwisata Hutan Mangrove. Program ini mendekatkan pembelajaran pertanian bagi anak-anak sekolah. Tidak sekedar menanam padi, tapi siswa juga diajari mengolah komoditi tersebut menjadi sesuatu yang bisa dikonsumsi. Secara sederhana namun mudah dipahami anak-anak,” tutur Dwi Ratmanto

Setiap bulannya, beberapa sekolah selalu menghubungi pihak Pengelola Mangrove untuk menentukan jadwal kunjungan. Pesertanya pun beragam mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA. program Eduwisata ini bukan hanya menjadi program rekreasi, tapi bisa menjadi jalan menumbuhkan rasa cinta pertanian sekaligus menjadi titik awal membuka cita-cita menjadi petani (modern).

Kegiatan ini juga menjadi bentuk pengenalan pertanian usia dini, sehingga nantinya di sekolah bisa ada kelanjutan program seperti ini. Misalnya, Pengenalan Lingkungan Hidup (PLH) untuk menanam Mangrove. 

Ketua Mangrove Dedi Setiyawan mengatakan, pengenalan edukasi pertanian memang harus diterapkan sejak dini pada anak-anak, sehingga memunculkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah agar selalu terlihat asri, indah dan menarik melalui budidaya berbagai macam komoditas hortikultura maupun komoditas lainnya. Tidak hanya cabai saja, tapi juga jenis tanaman lain misalkan terong, bawang merah, tomat, dan lain-lain.

Mengingat mereka adalah tunas bangsa sebagai penerus pembangunan pertanian, menurut Dwi Ratmanto, perlu diarahkan pada sebuah mental yang mencintai lingkungannya. Karena itu diperlukan prilaku positif dari bagaimana pola atau cara berfikir mereka sejak usia dini.

“Pola pikir sejak kecil harus diajarkan nilai-nilai kebaikan, keberanian untuk bertindak, juga kebijaksanaan memilih sesuatu, sehingga diharapkan mampu membentuk karakter yang baik,” katanya. Bermuara dari itu, mari kita ajarkan anak-anak sejak dini mengenal dunia pertanian sebagai bentuk kecintaan terhadap alam dan lingkungan sekitar.

Komentar atas Pemuda Baros Kenalkan Pertanian Sejak Dini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License