WARGA GEGUNUNG BERTANI DI JAKARTA

Hartanto 14 Oktober 2019 21:13:09 WIB

Ternyata bertani tidak harus di desa. Di kota pun, orang bisa bertani dan bisa berhasil. Adalah Mbah Sugiyo, seorang perantau di Jakarta, yang berasal dari dusun Gegunung, Desa Tirtohargo.

Beliau merantau sejak tahun 70 an dan bekerja sebagai pegawai swasta. Setelah pensiun beliau tidak kembali ke Jawa. Beliau menetap di Jakarta, tepatnya di daerah Bambu Apus Jakarta Timur. Disini beliau menghabiskan masa senja bersama anak cucunya, yang semuanya juga menetap di Jakarta.

Untuk mengisi hari-harinya, pria tangguh ini mulai menekuni pertanian dan peternakan. "Potensi pertanian disini cukup untuk orang seusia saya" demikian tuturnya di sela-sela menyiram tanaman kangkung yang hampir siap panen. Selain bercocok tanam, pria yang rajin ke masjid ini, juga beternak kambing. " Rumput di sekitar jalan tol ini sangat melimpah untuk pakan ternak". "Kalau saja tenaga saya masih seperti dulu, saya bisa pelihara kambing sebanyak-banyaknya" ujarnya. 

Lahan pertaniannya kini ditanami kangkung dan waluh. Sebelumnya ditaanami bawang merah, dan hasilnya lumayan bagus. "Untuk kelas petani Jakarta, hasilnya sudah bagus" katanya sambil tersenyum puas.

Semoga lestari pak Sugiyo, paling tidak bisa untuk mencukupi sayur mayur keluarga, sukur- sukur bisa menambah penghasilan keluarga. Amin

Komentar atas WARGA GEGUNUNG BERTANI DI JAKARTA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License