PELATIHAN ECOBRICK DESA TIRTOHARGO(lanjutan)

20 Oktober 2019 11:23:18 WIB

Pelatihan ecobrick di desa Tirtohargo dilanjutkan dengan materi ke 2 tentang ecobrick itu sendiri. Ecobrick adalah pemanfaatan sampah yang tidak bisa dijual untuk dipergunakan di rumah tangga sendiri. 

Tahap pertama dari ecobrick adalah memasukkan sampah plastik yang tidak bisa dijual ke dalam botol mineral. Metode memasukkannya adalah :

  1. Cuci bersih sampah yang akan dimasukkan botol
  2. Masukkan palstik ke dalam botol dengan dimampatkan menggunakan alat penekan misalnya dari bambu.
  3. Berat botol yang berisi sampah plastik minimal 200-250 mg (1/4 kg)
  4. Padatkan semaksimal mungkin sehingga botol menjadi keras.

Setelah proses pertama selesai, maka dilanjutkan proses ke dua. Proses itu adalah merangkai botol mineral yang telah berii plastik itu menjadi perkakas rumah tangga. Bisa juga dijadikan dinding dengancara disusun.

Bisa juga untuk alat rumah tangga, misalnua tempat dudik dsb. Menurut Prof. Muhammad, dengan teknik ini, maka sampah akan dapat diminimalisir bahkan bisa dimanfaatkan.

Kepedulian terhadap lingkungan dan sampah akan memperbaiki lingkungan kita.

Komentar atas PELATIHAN ECOBRICK DESA TIRTOHARGO(lanjutan)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License