"PASUKAN KATAK" BERAKSI LAGI

04 Desember 2019 06:31:08 WIB

Memasuki hari Rabu Pon, 4 Desember 2019 dimana Desa Tirtohargo mendapat giliran air dari bendung Kamijoro, pasukan pencari air beraksi lagi. Mulai jam 02.30 wib tadi, personel mulai bergerak mengejar "mimpi" untuk mendapatkan oncoran air.

Dipimpin lurah desa, beliau langsung menuju Minggir untuk membuka pintu air yang mengarah ke Thokolan. "Semalam sebenarnya sudah dialiri air, tetapi kecil karena sebagian besar air dibawa ke timur lewat Krajan." kata pak Lurah. Pintu air dibuka jam 3.11 wib. Debitnya cukup besar daripada kemarin sore, tambah pak lurah.

Sementara pos Thokolan bertugas membuka pintu air di selatan dusun, dan menutup akses ke Srigading di gejlig 3 Thokolan. Bertugas pada jam 2.45 pagi itu pak dukuh Gegunung bersama om Tanto. Tugas berikutnya dari tim Thokolan adalah mengawal air dari Minggir sampai ke Thokolan. "Alhamdulillah air bisa lancar, meskipun masih ada satu dua "anggelan" di sepanjang ruas itu" jelas om Tanto. Air sampai Thokolan sekitar pukul 5 pagi.

Di Gejlig 7 bertugas Lek Tuyo dan pak Dukuh Karang, memastikan air mengalir ke timur. "Mengingat hujan belum turun, banyak petani yang membutuhkan air, jadi harus dijaga ekstra ketat"kata pamong desa yang pensiun bulan Nopember ini.

Di pos Plesan chief in mission yang bertugas adalah mas Budiyanto. Posisi di Plesan sangat penting juga mengingat disini ada pintu air besar yang kalau tidak dijaga bisa diarahkan ke selatan dimana akibatnya air tidak full mengarah ke timur. " Sudah ada 2 orang yang nembung air, tapi saya tolak" katanya.

Beralih ke Minggir, ada pak Carik yang mengawal air agar mengarah ke Tirtohargo. Di sini juga sangat vital, karena ada pinti air ke timur yang harus dijaga dan juga ada spei yang bisa menghabiskan air.

Rencananya gerilya ini akan dilakukan sampai siang, bahkan kalau perlu sampai sore hari. Menurut pak lurah, setelah jatah Tirtohargo selesai, akan disambung Srigading. Dan menurut rembug dengan kasi Kesejahteraan Srigading, dukuh Gokerten dan dukuh Wirosutan dua desa ini bisa bekerja sama dan berbagi air.

Semoga upaya ini mendapat ridho Alloh dan mendapatkan keberhasilan. Selain itu mari terus memohon untuk limpahan barokah berupa hujan yang manfaat. Amin

Komentar atas "PASUKAN KATAK" BERAKSI LAGI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License