POSYANDU DUSUN KALANGAN

Hartanto 24 Januari 2020 14:31:52 WIB

Hari ini, Jum'at 24 Januari 2020, di Dusun Kalangan Tirtohargo dilaksanakan kegiatan rutin yakni Posyandu. Posyandu ditujukan bukan saja untuk anak-anak di bawah lima tahun (balita) tetapi juga ditujukan untuk generasi lanjut usia. Kegiatan untuk balita dan lansia ini dilakukan secara bersamaan di tempat bapak dukuh Kalangan, bapak Daldiri. Pos pelayanan ini dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Posyandu balita diawali dengan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi/ panjang badan serta pengukuran lingkar kepala pada setiap balita yang hadir. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak-anak balita. Selain itu juga ada pengukuran untuk mengetahui apakah seorang balita termasuk kategori stunting atau tidak. "Pengukuran ini untuk melihat apakah di dusun ini ada balita stunting atau tidak". "Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tikar pertumbuhan" kata pak dukuh Kalangan

Setelah menjalani penimbangan dan pengukuran, balita diberikan makanan tambahan untuk meningkatkan pertumbuhan. Sambil menyantap hidangan PMT yang disediakan oleh kader kesehatan dusun, balita menjalani sesi pendidikan berupa pembelajaran dengan bermain.

Adapun untuk posyandu lansia, peserta diperiksa kondisi kesehatannya oleh sejumlah petugas dari puskesmas Kretek. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui tekanan darah dan juga ditanyakan tentang keluhan yang dialami oleh setiap lansia. Peserta yandu lansia ini juga diberikan saran dan pengetahuan tentang bagaimana harus menjaga kesehatan di usia senja.

Komentar atas POSYANDU DUSUN KALANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License