RAPAT KOORDINASI DAN PEMETAAN POTENSI, PERMASALAHAN, INOVASI DAN EVALUASI KULIAH KERJA NYATA (KKN)

DIAN KINTARTI 03 Februari 2022 13:32:01 WIB

Acara: Rapat Koordinasi dan Pemetaan Potensi, Permasalahan, Inovasi dan Evaluasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Hari, Tanggal :Kamis 3 Februari 2022
Jam : 09.00 WIB
Tempat: Ruang Mandala Saba Madya Gd. Induk Lt. III Komplek Parasamya Bantul
Peserta: Perwakilan Kalurahan Se Kalurahan Bantul.
Narasumber: Sekda Bantul, Bappeda, Akakom
Moderator : Eni Kuswandari

Pointer Materi :

  1. Pemerintah Kabupaten mendorong geliat masyarakat dengan merangkul perguruan tinggi, LSM, dan Perusahaan untuk meningkatan pendapatan masyarakat.
  2. Melalui Tri Dharma Pendidikan PT bersama PEMKAB Bantul menjalin kerjasama melalui MOU bersama untuk mendorong pemerintah memetakan potensi, permasalahan supaya berbagai permasalahan dan potensi dapat terfasilitasi.
  3. Jangan anggap KKN datang seperti santa claus, karena mereka terjun ke masyarakat membawa pemikiran untuk memecahakan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Momentum penerjunan KKN hendaknya dilihat sebagai peluang untuk mendapatkan berbagai terobosan baru di Kalurahan.
  4. Kalurahan sebagai subyek pembangunan yang harapannya mandiri, demokratisasi membutuhkan inovasi dan pemikiran out of the box, untuk itu KKN sebagai key person diharapkan mampu memberikan sentuhan baru bagi Kalurahan.
  5. Pertanian, Pariwisata, Industri merupakan 3 objek potensial yang menjadi fokus pemetaan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul yang selanjutnya akan direkomendasikan kepada PT untuk diolah menjadi program KKN baik tematik maupun non tematik supaya tepat sasaran.
  6. Diperlukan keseragaman dalam pelaksanaan KKN misalnya perihal livingcost antara kalurahan satu dengan yang lainnya sehingga dibutuhkan payung hukum berupa peraturan bupati untuk menentukan pagu tertinggi supaya kedapan pelaksanaan KKN bisa seragam.
  7. Potensi lokal yang berorientasi pada percepatan ekonomi menjadi fokus kegiatan KKN, sehingga diharapkan kepada kalurahan untuk mengenali permasalahan yang memiliki potensi perbaikan ekonomi masyarakat.

Komentar atas RAPAT KOORDINASI DAN PEMETAAN POTENSI, PERMASALAHAN, INOVASI DAN EVALUASI KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License