RAKOR PERSIAPAN KEGIATAN REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER (RJIT) APBD KABUPATEN BANTUL TA 2023

WAHYU DWI CHURNIAWAN 14 April 2023 09:55:54 WIB

(7/2) Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Sarana Pertanian DKPP Bantul. Manajemen air menjadi penting untuk diperhatikan salah satunya program RJIT. Kalurahan Tirtohargo mendapat fasilitasi RJIT dari PIK sebanyak 2 paket, yaitu:

  1. GAPOKTAN Multisari Tirtohargo dengan anggaran Rp. 100.000.000,-., lokasi sawah Mbah Dul Bojong.
  2. Kelompok Tani Muneng dengan anggaran Rp. 100.000.000,-., lokasi sawah Lor Umah utara Lapangan Tirtohargo.
  3. Pengelolaan kegiatan diserahkan kepada kelompok dengan fasilitator dari DKPP Bantul.
  4. Kegiatan akan dilaksanakan dari Maret, Mei, Juni 2023 meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

Paparan program Asuransi Usaha Tani Padi yang disingkat dengan AUTP, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap resiko ketidakpastian dengan menjamin petani mendapatkan modal kerja untuk berusaha tani dari klaim asuransi. Diselenggarakannya AUTP tujuannya adalah memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan, dan serangan oraganisme pengganggu tumbuhan. Mengalihkan kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT melalui pihak lain yakni pertanggungan asuransi. Sasaran penyelenggaraan AUTP adalah terlindunginya petani dengan memperoleh ganti rugi jika mengalami gagal panen.

Komentar atas RAKOR PERSIAPAN KEGIATAN REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER (RJIT) APBD KABUPATEN BANTUL TA 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License