TAKBIR AKBAR

Hartanto 14 Juni 2023 09:12:02 WIB

Idul Adha merupakan hari besar bagi ummat Islam. Ada kisah pengorbanan yang dilakukan oleh Nabiyulloh Ibrahim yang sangat fenomenal. Bahwa kisah itu kemudian diabadikan oleh Alloh dengan menjadikannya sebagai peringatan dan pendorong bagi manusia untuk selalu ingat dan me “nomorsatu” kan Alloh diantara yang lainnya. Qurban, sholat Iedul Adha dan takbir menjadi ibadah yang disyariatkan dalam rangka pelaksanaan hari raya tersebut.

Momen itulah yang kemudian ingin diambil oleh Pemerintah Kalurahan Tirtohargo untuk membikin acara Takbir Bersama. Pemerintah Kalurahan Tirtohargo mengundang segenap Takmir Masjid se Kalurahan Tirtohargo untuk melakukan diskusi dan melaksanakan takbir bersama seluruh masyarakat Tirtohargo.

Acara musyawarah ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juni 2023 bertempat di Rumah Bpk. Drs H Sudaryanto, Kamituwa Kalurahan Tirtohargo dan dihadiri 30 orang tokoh masyarakat dan takmir masjid.

Dalam sambutan pengarahannya,  Sugiyamta, Lurah Kalurahan Tirtohargo menyampaikan uraiannya. Pertama, sebagai Institusi resmi, Pemerintah Kalurahan Tirtohargo ingin memberikan sumbangsih terhadap kegiatan keagamaan dan terutama syiar Islam di wilayah Tirtohargo. Pemerintah berharap bisa mendorong warga masyarakat untuk bisa lebih rajin dalam beribadah agar kalurahan Tirtohargo menjadi lebih berkah.

Khusus untuk hari raya Idul Adha, pemerintah kalurahan mendorong untuk bisa diselenggarakan takbir bersama yang dilakukan seluruh warga atau setidaknya sebagian besar warga masyarakat. “Pemerintah memberikan dukungan berupa dana untuk kegiatan ini”. “Jumlahnya tidak begitu besar, tapi semoga bisa menjadi pamantik dan pendorong agar kegiatan ini bisa lebih semarak” ujar Sugiyamta.

“Ini bukan lomba, tapi semacam festival dimana melibatkan sebagian besar masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam Takbir itu”. “Ada hadiah berupa uang pembinaan, jumlahnya tidak seberapa” imbuhnya.

Dalam sesi musyawarah, Kamituwa Kalurahan Tirtohargo menyampaikan simpulan sebagai berikut :

  1. Takbir bersama akan dilaksanakan pada malam menjelang Idul Adha sesuai keputusan Pemerintah.
  2. Takbir Bersama ( Takbir Keliling) diikuti oleh 5 kafilah yaitu Jamaah Baros-Muneng, Jamaah Gunung Kunci, Jamaah Gegunung, Jamaah Kalangan dan Jamaah Karang.
  3. Start dari Kantor Kalurahan Tirtohargo dan finish di Masjid Sabilul Huda Karang
  4. Takbir Keliling dilaksanakan dengan cara berjalan kaki, tidak menggunakan mobil/kendaraan
  5. Akan ada penilaian yang dilakukan oleh tim yuri
  6. Hadiah berupa uang pembinaan
  7. Hal-hal lain akan diatur lebih lanjut oleh Panitia dan tim yuri.

Dalam kata penutup, kamituwa menghimbau kepada semua tokoh yang hadir untuk bisa menggerakkan seluruh jamaah guna mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

Acara ditutup dengan doa dan makan malam bersama.

Komentar atas TAKBIR AKBAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License