POSYANDU DUSUN KALANGAN

24 Oktober 2019 11:15:59 WIB

Memasuki bulan Oktober 2019, kegiatan Posyandu yang secara rutin dilaksanakan di akhir bulan telah dimulai. Dusun Kalangan melaksanakan Posyandu pada hari ini, Kamis, 24 Oktober 2019. Kegiatan dilaksanakan di rumah Bapak Dukuh Kalangan, bapak Daldiri. Kegiatan ini mendapatkan dukungan daeri KKN STEBI yang saat ini sedang melaksanakan tugas di Dusun Kalangan.

Kegiatan ini melibatkan kader kesehatan dusun Kalangan dan mendapatkan supervisi dari Puskesmas Kretek. Kegiatan diawali dengan penimbangan dan pencatatan tumbuh kembang anak balita. Setiap anak akan dicatat data pertunbuhannya, mulai dari berat badan, tinggi badan lingkar kepala dan permasalahan terkait dengan si anak. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk melihat data stunting yang ada di pedukuhan Kalangan. Ada pengukuran dengan tikar pertumbuhan untuk mengetahui status anak apakah masuk kategori hijau, kuning atau merah terkait stunting.

Setelah diadakan penimbangan, anak-anak diajak bermain dengan konsep belajar sambil bermain. Ada SPS (satuan paud sejenis) yang ada di pedukuhan ini yang memberikan pembelajaran kepada semua anak yang mengikuti kegiatan Posyandu. Sembari menunggui anak-anak bermain, diberikan juga materi penyuluhan dari puskesmas kretek terkait gizi, parenting dsb.

Kegiatan posyandu ini juga dibarengi dengan pemberian PMT bagi seluruh balita yang hadir. "Anak-anak akan cenderung mau makan ketika bersama-sama dan situasinya senang" kata ibu dukuh Kalangan dan diamini oleh ibu-ibu yang mendampingi. "Ibu-ibu juga dapat PMT, tetapi dengan syarat kalau anaknya tidak habis" seloroh ibu-ibu.

Posyandu dipandu oleh kader kesehatan yang ada di setiap pedukuhan. Acara berlangsung sampai anak-anak menginginkan pulang.

Komentar atas POSYANDU DUSUN KALANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License