RAMADHAN MALAM PERTAMA DI NURUL HIDAYAH

Hartanto 04 April 2022 10:40:30 WIB

Keputusan sidang Itsbat telah diambil. Awal Ramadhan sudah ditentukan. Menurut menteri agama, awal puasa jatuh pada hari Minggu tanggal 3 April 2022. Masjid Nurul Hidayah yang bertempat di RT 05 Dusun Gegunung, Tirtohargo, Kretek, Bantul melaksanakan sholat Taraweh bersama sesuai dengan keputusan sidang Itsbat.

Hari Sabtu tanggal 2 April 2022, ketika adzan Isya' berkumandang, warga masyarakat di sekitar Masjid Nurul Hidayah berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan sholat taraweh hari pertama. Tua muda, laki-laki perempuan sangat antusias menuju masjid untuk melaksanakan sholat taraweh.

Malam itu bertindak selaku Imam sholat Isya adalah Bpk Supriyana, SST. Sedangkan bertindak sebagai imam sholat taraweh dan kultum adalah sdr Hartanto. Masjid Nurul Hidayah melaksanakan sholat taraweh dengan jumlah 20 rokaat dilanjutkan sholat witir sejumlah 3 rokaat.

Dalam kultum ada beberapa pesan yang disampaikan kepada jamaah masjid Nurul Hidayah. Pertama disampaikan SK Menteri Agama RI Nomor 8 tahun 2022 terkait dengan panduan pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Sholat Iedul Fitri pada tahun 2022. Pada intinya Kementerian Agama mengajak kepada seluruh ummat Islam untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya baik itu sholat tarawih, tadarus, infak, shodaqoh, wakaf dan sebagainya. Selain itu juga diharapkan seluruh masjid dan mushola untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadahnya.

Kedua mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk melaksanakan ibadah dengan bersemangat dan rasa senang. Sebab dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa "barangsiapa yang senang akan datangnya bulan Ramadhan, maka Alloh mengharamkan jasadnya dari api neraka". Selain itu sebagai wujud rasa syukur atas nikmat umur yang dianugerahkan Alloh, maka selayaknya untuk beribadah dengan bersemangat.

Sholat tarawih ditutup dengan doa dan niat puasa yang dilafalkan bersama-sama dengan dipimpin oleh Bapak Sareh.

Komentar atas RAMADHAN MALAM PERTAMA DI NURUL HIDAYAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License