SAMPAH : DARI TANTANGAN MENJADI PELUANG

Hartanto 15 Juni 2023 08:51:21 WIB

Selama 3 hari di kelurahan Tirtohargo dilaksanakan pelatihan pengelolaan sampah. Kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Kalurahan Tirtohargo dengan dinas lingkungan hidup kabupaten Bantul. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Juni 2023 sampai dengan Rabu tanggal 14 Juni tahun 2023. Peserta terdiri dari beberapa elemen masyarakat yang nantinya diproyeksikan akan mampu mengelola sampah di wilayah Kalurahan Tirtohargo. Adapun unsur masyarakat itu antara lain adalah :

  1. Pelaku pengolahan sampah yang sudah ada.
  2. Pemerhati danaktivis sampah
  3. PKK dusun se Kalurahan Tirtohargo
  4. Karang Taruna dusun se kalurahan Tirtohargo

Menurut Novita Ardian Sari, Ulu-ulu Kelurahan Tirtohargo pelatihan ini dimaksudkan untuk menjawab apa yang dicanangkan oleh Bupati Bantul bahwa Bantul akan bersih sampah di tahun 2024.  Sebagai implementasinya maka dibuatlah pengelolaan sampah secara terpadu di seluruh wilayah Kalurahan di kabupaten Bantul.

“Kami libatkan seluruh elemen masyarakat yang punya potensi untuk mengelola persampahan” ujarnyi. “PKK sebagai motor pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga, dan Karang taruna sebagai rantai berikutnya untuk menjalankan pengelolaan berikutnya” demikian imbuh perempuan berputera satu ini. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa pengelolaan sampah yang ada di Tirtohargo belum sepenuhnya terlaksana. Masih dalam taraf pengembangan dan butuh tenaga serta perjuangan yang besar. Untuk itu menurutnya bahwa perlu dorongan dan support serta motivasi ekstra dari semua pemangku kepentingan yang ada untuk mendukung program ini.

Bertindak selaku narasumber adalah dari beberapa unsur seperti dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dan praktisi persampahan yang sudah berpengalaman.

Pelatihan meliputi teori dan praktek pengelolaan sampah baik itu sampah organik maupun anorganik. Praktek lainnya yang dilatihkan berupa pengolahan sampah plastik menjadi kerajinan yang dipandu oleh praktisi pengolahan sampah yang sudah berpengalaman.

Disamping itu untuk menunjang pelaporan dan managemen pengelolaan sampah maka diperkenalkan dan dilatihkan juga SIMBERSAMA, sebuah sistem informasi terkait pengelolaan sampah. Dengan adanya SIM tersebut diharapkan dapat menunjang pengelolaan sampah agar menjadi lebih maju dan berkembang.

Sampah yang merupakan masalah dan musuh bersama, harus pula ditanggulangi secara bersama-sama pula. Dimulai dari perilaku yang ramah sampah, diet sampah sampai pada perilaku yang menjadikan sampah sebagai sahabat. Sampah yang semula menjadi tantangan lambat laun akan menjadi peluang.

Komentar atas SAMPAH : DARI TANTANGAN MENJADI PELUANG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License